Jumat, 20 Oktober 2017

BPJS Kesehatan Permudah Layanan Peserta JKN-KIS Mudik

| 832 Views
id bpjs, kesehatan, permudah, layanan, peserta, jkn-kis, mudik
BPJS Kesehatan Permudah Layanan Peserta JKN-KIS Mudik
Kepala Unit MPKR Kantor Cabang BPJS Tanjungbalai Dessy Prasinta (kiri) didampingi Kanit Umum dan Kuangan Dinie Setianingrum, memnyampaikan paparan terkait Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan (Antarasumurt/Yan Aswika)
"Prosedurnya, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan"
Tanjungbalai, 15/6 (Antara) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial/BPJS Kesehatan mempermudah prosedur pelayanan kesehatan terhadap peserta JKN -KIS yang mudik lebaran, akan berlaku mulai 19 Juni hingga 2 Juli 2017.

Kepala Unit Manahemen Pelayanan Kesehatan BPJS Cabang Kota Tanjungbalai Dessy Prasinta, Kamis, mengatakan, layanan tersebut bentuk dari kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat. (JKN-KIS).

Menurut Dessy, peserta yang sakit saat di perjalanan mudik bisa langsung mendatangi IGD rumah sakit tanpa harus mengantongi rujukan surat dari dokter di fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti puskesmas terlebih dahulu.

Peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat, dengan syarat membawa/memperlihatkan kartu peserta ke rumah sakit yang dituju.

"Prosedurnya, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” kata Dessy dalam konferensi pers berthema "Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan" di kantor BPJS Kesehatan Cabang Tanjungbalai.

Untuk itu, para peserta yang sedang mudik diimbau untuk selalu membawa Kartu JKN-KIS milik sendiri mau pun seluruh anggota keluarga yang terdaftar sebagai peserta dan ikut mudik, ujarnya didampingi Kepala Unit Umum dan Keuangan Dinie Setianingrum.

Dessy menegaskan, peserta JKN-KIS yang sakit pada saat perjalanan mudik atau telah sampai ke tujuan juga tidak harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat, kebijakan tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan.

Namun demikian, penting diketahui bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik dan status Kepesertaan aktif. Karena itu, mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif.

Untuk mengecek iuran peserta, dapat dilakukan melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada Menu Cek Iuran. Sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dapat dilihat di website BPJS Kesehatan, Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, atau melalui Care Center BPJS Kesehatan 1500400.

Memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga telah menciptakan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat didownload secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android. Aplikasi ini menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

Kepala Unit Umum dan Keuangan Dinie Setianingrum menambakan, BPJS Kesehatan juga membuka Posko Mudik di 8 titik padat pemudik se Indonesia, yakni Terminal Pulo Gebang Jakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali, serta Pelabuhan Merak Banten.

Posko Mudik BPJS Kesehatan yang digelar pada 21 - 24 Juni 2017 tersebut menyedikan pelayanan kesehatan, obat-obatan, fasilitas relaksasi, hingga sosialisasi program jaminan kesehatan.***4*** (KR-YWK)

Editor : Juraidi

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017