Senin, 21 Agustus 2017

Tokoh Lintas Agama Laksanakan Buka Bersama di Padangsidimpuan

| 553 Views
id Tokoh Lintas Agama, Laksanakan Buka Bersama, di Padangsidimpuan
Tokoh Lintas Agama Laksanakan Buka Bersama di Padangsidimpuan
Ketua FKUB Sumatera Utara DR H Maratua Simanjuntak dengan didampingi tokoh lintas agama Sumatera Utara saat menghadiri Tablig, Dzikir dan doa bersama dan ditutup buka bersama, di Kota Padangsidimpuan. (antarasumut/Khairul Arief)
Kita kembali mau menyuarakan bahwa toleransi itu adalah budaya kita yang harus kita jaga, pelihara dan lestarikan serta bukan untuk diperdebatkan. Di sini memang kita ada perbedaan tetapi kita tetap satu, Indonesia
Padangsidimpuan, 14/6 (Antarasumut)- Ribuan masyarakat yang terdiri dari tokoh dan masyarakat lintas agama di Kota Padangsidimpuan, Provinsi Sumatera Utara bersama aparat TNI dan Polri melaksanakan buka bersama dalam rangka meningkatkan kesatuan dan persatuan.

"Pada hari ini kita ingin menyuarakan pada tempat yang lain bahwa dari Kota Padangsidimpuan dan Tabagsel, yang menghadirkan seluruh elemen masyarakatnya terus menjaga sejarah dan toleransi yang merupakan warisan generasi terdahulu. kata Kapolres Tapanuli Selatan AKBP M Iqbal, Rabu.

Pernyataan itu diungkapkan dia di sela acara buka bersama masyarakat lintas agama yang dilaksanakan di halaman batalyon 123/Rajawali, Kota Padangsidimpuan.

Dalam acara tersebut tak hanya umat Islam dan Kristen yang ambil bagian melainkan umat lain seperti umat Hindu yang ada di Kota Padangsidimpuan dan Sumatera Utara juga turut ambil bagian dan hadir.

"Kita kembali mau menyuarakan bahwa toleransi itu adalah budaya kita yang harus kita jaga, pelihara dan lestarikan serta bukan untuk diperdebatkan. Di sini memang kita ada perbedaan tetapi kita tetap satu, Indonesia," katanya didampingi Dandim 0212/TS Letkol Arm Azhari.

"Perbedaan ini adalah anugerah ciptaan Alloh, Tuhan Yang Maha Esa, yang harus kita syukuri. Maka ini harus menjadikan kita semakin semangat saling memahami dan menghormati kepecayaan masing-masing. Jangan sampai perbedaan ini memecah-belah persaudaraan kita," katanya.

Ketua DR H Maratua Simanjuntak mengatakan, pihaknya juga menyambut baik acara tersebut, bahkan berharap acara serupa bisa dilaksanakan tahun-tahun berikutnya.

"Melalui kegiatan lintas agama ini kita selaku masyarakat Kota Padangsidimpuan dan keselurahan Tabagsel dan Sumatera Utara, juga ingin mengajak semuanya terus menjunjung tinggi toleransi umat beragama, pungkasnya.

Editor : Akung

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017