Minggu, 20 Agustus 2017

Medan Dukung Sumut Tuan Rumah Inacraft 2018

| 556 Views
id umkm
Medan, 6/6 (Antara) - Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan memberikan apresiasi sekaligus mendukung Sumatera Utara ditunjuk menjadi tuan rumah pelaksanaan "Inacraft" tahun 2018 yang merupakan ajang pameran kerajinan dan produk kreatif nasional.

Kepala Seksi Promosi Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan Anita di Medan, Selasa, mengatakan, Inacraft yang setiap tahun digelar di Jakarta Convention Center (JCC) itu merupakan ajang pameran kerajinan dan produk kreatif bergengsi karena diikuti seluruh daerah di Indonesia.

Dengan ditunjuknya Sumut sebagai panitia penyelenggara tahun depan, tentunya merupakan kesempatan yang sangat baik bagi daerah itu untuk lebih aktif mengenalkan berbagai produk kerajinan yang dimiliki maupun berbagai hasil produk hasil olahan UMKM-nya.

"Kita sangat mengapresiasi. Ini kesempatan yang tentunya bisa kita manfaatkan untuk lebih mengenalkan produk UMKM kita di mata nasional. Misalnya dari Medan ada Batik Medan dan Songket Deli, yang nantinya akan kita promosikan juga melalui even tersebut," katanya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Utara Evi Diana mengatakan, Sumut telah menunggu 20 tahun lamanya, baru mendapat kesempatan untuk menjadi tuah rumah Inacraft yang pertama kalinya.

"Ini baru pertama kali Sumut menjadi tuan rumah. Untuk itulah, Dekranasda Sumut akan melibatkan semua pengrajin yang ada di 33 Kabupaten/kota, karena pada dasarnya, Sumut kaya akan kerajinan dan produk kreatif yang pantas untuk dibanggakan," katanya.

Ia menjelaskan, ajang tersebut akan dilaksanakan bulan April tahun 2018 di Jakarta. Untuk itu, ia mengajak semua Dekranasda yang ada di Sumut mulai sekarang menentukan produk apa yang akan dipamerkan nanti di Jakarta, karena masing-masing Kabupaten/kota memiliki stan.

"Salah satu contoh, seperti Kabupaten Tapanuli Tengah, unggulannya adalah sulam emasnya, Tapanuli Utara tenun ulos dan songket. Demikian juga nanti daerah lain akan membawa unggulan kreatif daerahnya masing-masing. Untuk itu mari kita dukung kegiatan bergengsi itu," katanya. ***3***

(T.KR-JRD/B/I023/I023) 06-06-2017 14:54:07

Editor : Juraidi

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017