Jumat, 28 Juli 2017

Sergai Terima Anugerah Literasi

| 511 Views
id sredang bedagai, anugerah, literasi
Sergai Terima Anugerah Literasi
. (Antarasumut/jrd/ist)
Seirampah, Sumut, 20/3 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Serdang bedagai, SUmatera Utara, menerima Anugerah Literasi Prioritas Peringkat Pertama Tingkat Nasional dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Serdang Bedagai, Ikhsan yang dihubungi dari Medan, Senin, mengatakan anugerah yang juga diterima 19 kabupaten/Kota se-Indoensia itu sebagai bentuk penghargaan kepada daerah yang dinilai saat ini siap dengan program pemerintah.

"Khususnya membangun mutu pendidikan dan secara konsisten mengawal program pengentasan buta huruf yang digagas USAID dan Kemendikbud sejak 2012 lalu," katanya.

Ia mengatakan Kemendikbud juga mengapresiasi USAID yang serius mendorong gerakan literasi di 92 Kabupaten/Kota se-Indonesia. 

Kemitraan yang telah terbina sejak tahun 2012 tersebut sangat mendukung pencapaian target Kemendikbud sendiri untuk menekan tingginya angka buta aksara, dari 12 juta jiwa atau 15 persen di tahun 2003 yang hingga kini secara berangsur menyusut tinggal 4 persen.

Pendampingan USAID dengan berbagai program, juga donasi hingga 8 juta buku sangat membantu, namun pencapaian program tersebut juga tidak terlepas dari komitmen pemerintah daerah. 

Saat ini Pemkab Serdang Bedagai termasuk salah satu dari 19 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang dinilai Kemendikbud yang siap dengan program, khususnya membangun mutu pendidikan.

Meski program USAID Prioritas bakal berakhir 2017 ini, Kemendikbud memastikan tidak akan meninggalkan Gerakan Literasi Sekolah. 

Gerakan yang awalnya hanya terbatas kepada SD/MI sederajat dan SMP/MTs sederajat, kedepannya direncanakan akan menyentuh SMA/SMK sederajat. 

"Program tersebut tidak hanya baca, tulis dan hitung, akan tetapi program ini bakal disiapkan untuk memaksimalkan pengembangan lebih lanjut semua mata pelajaran," katanya.

Usai menerima penghargaan, Bupati Serdang Bedagai, Soekirman mengaku sangat bangga dan predikat peringkat pertama itu yang tentunya akan menjadi motivasi untuk terus bergiat mendorong mutu pendidikan di wilayahnya. 

"Pendidikan memang salah satu prioritas pembangunan untuk merealisasikan Visi menjadikan Sergai Kabupaten yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan," katanya.

Editor : Juraidi

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017