Rabu, 28 Juni 2017

Seleksi Jabatan Eselon II Tapsel Diharap Sukses

| 683 Views
id Beritasumut, antarasumut, berita tapsel, bupati tapsel
Seleksi Jabatan Eselon II Tapsel Diharap Sukses
Foto (Antarasumut/kodir)
Tapanuli Selatan,20/3(Antarasumut)-Seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama secara terbuka di lingkungan Pemkab Tapanuli Selatan Tahun 2017 diharap bisa berlangsung sukses.

Sebagaimana diutarakan Ketua tim seleksi, Parulian Nasution kepada seluruh peserta seleksi untuk menduduki sembilan jabatan eselon II.b dilingkungan Pemkab Tapsel, di Hotel Natama, Padangsidimpuan, Senin.

Ia mengatakan harapan tersebut masuk dalam tiga 'S' pertama sukses persiapan; sukses pelaksanaan; dan sukses pasca pelaksanaan. "Oleh karenanya seluruh tahapan proses seleksi harus peserta ikuti dengan sebaik-baiknya,"tegasnya.
Seleksi ketat bertujuan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, dimana figur pejabat eselon dua terpilih dalah sosok yang benar-benar memiliki kompetensi, akademisi, emosional, spritual, sosial dan karya.

Setelah terpilih nantinya juga diharapkan bisa mampu memimpin serta menerapkan manajemen modern birokrasi.

Seperti halnya manajemen empowermant yang dituntut mampu dalam pemberdayaan semua staf, kemudian partisipatif harus memiliki rasa tanggungjawab bersama dengan organisasi pemerintah daerah (OPD) lainnya.

Kemudian lagi kemampuan delegatif, dituntut mampu untuk mendelegasikan tugas pokok dan fungsi, komunikatif dan konsultatif atau mampu mentranfer pemikiran dan gagasan-gagasan atau ide serta memiliki manajemen motivasi.

Disamping menguasai kemampuan planing atau rencana atau program, organizing atau mengorganisir, actuating atau pelaksanaan dan controling atau kontrol.

Tambah penguasaan kemampuan Manajemen, Administrator yang baik, Supervisor yang benar, Leadership atau kemampuan yang baik dan benar, Inovator memiliki gagasan atau ide-ide berilian, memiliki Motivasi yang tinggi menuju Tapanuli Selatan yang lebih baik kedepan, yang singkat dengan 'MASLIM'.

"Bahkan seseorang pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah atau SKPD harus aktif, korektif, konstruktif, presfektif,"sebutnya.

Terpenting lagi sambungnya pejabat eselon dua yang terpilih nantinya harus memiliki loyalitas, dedikasi, dan komitmen kerja serta pengabdian yang tinggi.

Ketua tim seleksi Parulian Nasution yang juga menjabat Sekda Tapanuli Selatan tersebut didampingi Sekretaris tim Ali Imran, anggota Riyadil Akhir, Agus Suryadi (akademisi USU) dan Syahtoat Pohan.
Tahapan seleksi untuk mengisi sembilan jabatan pimpinan eselon II.b di dinas Pendidikan, Pariwisata, Perdagangan dan Koperasi UKM, Kominfo, Perpustakaan dan Arsip, Satpol PP, Pengendalian Penduduk dan KB, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Pembekalan tersebut merupakan dari bagian tahapan seleksi terbuka pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemkab Tapsel yang bertujuan untuk persiapan memasuki tahapan selanjutnya seperti psycotes, persentase makalah, dan wawancara.

Editor : Akung

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017